Senin, 10 Oktober 2011

Pendakian Gunung Cikuray

Gunung cikuray memiliki ketinggian 2.818 mdpl...pada 1-2 oktober aku mencoba untuk malakukan pendakian ke gunung cikuray ini..

gunung cikuray yang memiliki pesona alam yang sungguh menawan hati, dari kejauhan terasa sekali kesejukan menyelimuti gunung ini, kerucut sekali batinku ketika aku lihat pertama kali gunung cikuray ini pada saat aku melakukan pendakian solo menuju papandayan 2665 mdpl. dan saat itu aku berjanji untuk mendaki cikuray suatu saat nanati...
ya akhirnya janjiku terpenuhi, bersama rombongan yang campur aduk dari berbagai elemen manusia kami naik ke gunung 2.818 mdpl beranggotakan 27 pendaki pada satu team kami.
 ......
tanggal 1 oktober 2011
pagi dini hari sekitar jam 1 kita sudah sampai di terminal guntur garut, yang kemudian di kami di jemput oleh anak anak dari GERHANA yaitu mapala dari uniga (universitas garut) kami numpang bermalam disini...
setelah pagi kta langsung mempersiapkan packing terakhir persiapan pendakian gunung cikuray.

jam 8 pagi kiat sampai di pos pemancar di antar oleh 2 pick up yang kami sewa untuk mengantar kami ke sini dari base camp gerhana. untuk pendakian ini kita memilih jalur cilawu. sekitar jam setengah sembilak kami sudah siap untuk menelusuri hutan cikuray yang sudah ditutup kabut sejak kami berangkat dari base camp gerhana. setelah menyiapkan air yang dapat diambil dari kantor pemancar yang kami perkirakan cukup untuk bekal kami karena air terakhir hanya di dapat disini, dalam sepanjang perjalanan tidak akan ditemukan mata air jadi kami mempersiapakan semuanya dari sini, dan suara zombro jelas terucap,," berdoa mulai...". setelah berdoa kita langsung tanjap gas dengan nafas yang terengah engah mengekplor keindahan alam cikuray..

tanjakan yang tiada henti, membuat nafasku hampir terputus, aku datang karna aku ingin bercengkrama denganmu, kabut yang mengiringi langkahku sepanjang jalanku membuat aku makin merasakan betapa berat perjalanan ini, kanan kiriku kini jurag yang siap melahap siapa saja yang tak patuh dengan peraturanmu,

badanmu yang sungguh kekar, dengan membawa beban berat di pundakku, hampir hampir aku menyerah untuk menelusuri setiap jengkal rimbamu, tapi aku terus memaksa untuk melangkah karena janjimu padaku yang akan menghapus keringatku dengan keindahan yang kau miliki di puncak sana,

kabut yang menghantuiku di sepanjang deru nafasku, takut apabila hujan menguyur pendakianku saat ini karena aku tau banyak peserta yang tidak membawa rain coat,,,tapi kabutmu justru membawa ketenangan, kabut yang mengiringi sepanjang langkah dari awal kami naik sampai dipuncak, kabut yang mulai mengikis keletihanku dan kejenuhanku bahkan rasa malasku untuk naik, kabut yang kadang menyelinap lewat talapak kakiku yang sudah dipenuhi debu seakan akan memaksaku untuk cepat melangkahkan kakiku.

canda tawa yang selalu mengiringi jalur pendakian ini bersama sama sahabat baru dan sahabat harian. sahabat alam yang sungguh membuatku kangen untuk berjumapa, sahabat yang tak pernah mengeluh dengan keadaan,

puncakmu sungguh menawan suasana yang menyejukan jiwa, sunrest yang luar biasa, hutan yang menawang nan rindang, tanjakan yang tak pernah henti dari awal pendakian, kabut yang selalu mengiringi langkah, suara ketenangan hati yang sunguh di nanti..trimakasih cikuaryku suatu saat nanti aku pasti datang lagi untuk mencumbuai alammu...

berangkat dari pos pemancar sampai di puncak jam 7 malam...
turun jam 8 pagi sampai pos pemancar kemabli jam 2 siang..
tanjakan ga da bonusnya,,
hutan masih sangat asri..
kabut mengiringi langah sepanjang naik...
sunrest yang sanggat cera,,
turun rekan perjalanan terpaksa di tandu karen sudah kelelahan...

berangkat
karawang - garut 35.000 (bus)
basecamp gerhana - pos pemancar 25.000 (pick up carter)
biaya masuk kebun teh cilawu 2.000
pulang
pos pemancar - terminal garut 20.000 (pick up carter)
garut - karawang 35.000 (bus)

tips " persiapkan air yang cukup, air hanya dapat di cari di sekitar pos pemancar

pendakian cikuray yang sanggat mengesankan.